HATI-HATI DENGAN IMING-IMING POTONGAN HARGA

MATAHARIMALL.COM adalah on line shop yang saat ini sedang banyak dibicarakan dan mampu menyaingi online shop lainnya seperti LAZADA & BLIBLI.COM. Kelebihan online shop ini adalah mereka memberikan kemudahan transaksi dengan cicilan 0% untuk jangka 3bulan sampai 1tahun dan dapat digunakan untuk seluruh barang. Mulai dari harga cicilian puluhan ribu sampai jutaan per bulan. Saya mencoba berbelanja dengan mendaftarkan email sebagai member baru dan mendapatkan voucher 50 ribu. Berikut emailnya :

Voucher 50 rebu
Dapat dilihat dan perlu saya cantumkan kembali syarat & ketentuan dalam penggunaan voucer tsb :




1.      Voucher berlaku dari tanggal 9 hingga 30 September 2015
2.      Berlaku untuk pembelanjaan minimum Rp200.000,-
3.      Voucher berlaku untuk semua kategori produk kecuali makanan & minuman
4.      Voucher tidak dapat digabungkan dengan promo voucher lainnya
5.      Voucher tidak dapat diuangkan
Apabila ditemukan bukti kecurangan melanggar ketentuan yang berlaku,
maka MatahariMall berhak melakukan pembatalan secara sepihak

Lalu saya coba menggunakan voucher tersebut dengan membeli sebuah sprei seharga 250 ribu, artinya voucher saya bisa digunakan dong, secara barang ini diatas harga 200 ribu dan bukan makanan & minuman. Aman lah ya . . Sampai ke proses pembayaran dan saya diminta untuk memasukan kode voucher untuk potongan harga, saya masukan dan klik add kemudian total harga berubah menjadi 200 ribu. Oke .. saya lanjut untuk memasukan kode otorisasi yang sudah dikirim melalui SMS sebagai tanda konfirmasi pembayaran. Pembayaran sukses dan saya mendapatkan email konfirmasi bahwa barang tersebut sudah diproses dan dibayar, tapi saya kaget kenapa dalam invoicenya harga masih normal yaitu 250 ribu. Berikut invoicenya :



Invoice pembayaran
 Lalu saya telepon ke contact center di nomor 1500038. Telpon pertama mereka meminta saya untuk cek dulu ke Bank penerbit untuk memastikan nominal yang sudah kedebit, jika sudah mereka meminta saya telpon kembali untuk dilakukan refund. Telpon kedua, saya bicara kembali dengan CS dan mengatakan bahwa nominal yang terdebit dibank sebesar 250 ribu, lalu dia mengatakan bahwa ada 2 opsi yang bisa dipilih yaitu, voucher dikirim kembali atau refund sebesar 50 ribu dan ditransferkan ke rekening pribadi saya. Setelah cukup lama kami berdiskusi dan mencari solusi, dia memastikan bahwa refund akan segera dilakukan. Saya pikir ini online shop yang OKE banget loh . . bisa ngasih refund dan langsung ditransfer ke rekening pribadi kita. Kemudian saya coba memastikan kembali setelah beberapa jam saya cek rekening saya apakah ada uang masuk sebesar 50 ribu atau tidak, ternyata nihil. Nominal rekening saya masih sama. Saya telpon kembali untuk yang ketiga, dan kali ini mereka memberikan keterangan dan kebijakan lain setelah saya dibuat menunggu sangat lama kurang lebih 15menit untuk mendapat jawabannya ( mungkin saat itu CS sedang berdiskusi dengan bosnya ) munculah kebijakan baru bahwa voucher tersebut tidak dapat digunakan untuk barang yang diskonnya diatas 50 % dan voucher saya masih bisa digunakan kembali . F*K . . kebijakan macam apa itu . . terlihat sangat dibuat-buat, jelas banget itu menunjukan bahwa mereka tidak mau bertanggung jawab atas keluhan konsumen, dengan jawaban mereka yang bilang bahwa voucer tersebut bisa digunakan lagi itu seperti memancing kita untuk belanja lagi kemudian kejadian lagi dan seterusnya seperti itu. Emosi saya dipancing, dan tetap sebagi CS dia harus tetap tenang menghadapi setiap keluhan konsumen ( okelah itu emang sudah kerjaan mereka ). Saya coba lakukan transaksi kembali, untuk memastikan apakah benar voucher masih berlaku. Berikut jawabannya :

Transaksi baru
Jawabannya setelah saya coba masukan kode vouchernya adalah bahwa voucher tersebut tidak berlaku untuk makanan & minuman ( baru tau kalo sprei masuk kategori makanan & minuman ewwwww . . . ). Intinya bukan soal berapa nominal voucher atau harga barang tersebut, tapi saya kecewa karena saya merasa tertipu atas iming-iming pemotongan harga tapi tidak dapat digunakan dengan alasan yang dibuat-buat. Hati-hati guys . . untung cuma beli sprei yang pake cicilan 0%, 21 ribu/bulan emang kecil keliatannya, tapi yaaa tetep lah konsistensi aturan yang dibuat bisa diterapkan sehingga tidak merugikan konsumen. Semoga kedepannya Matahari Mall baik online ataupu store bisa lebih baik ya . . Jangan cuma mau untung sendiri tapi merugikan konsumen. Sekian & terimakasih . .



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Inseminasiku sebagai Pejuang Garis Dua

Wahai Hamba Allah yang Menyakitiku Dengan Terlalu, Kehadiran dan Maafmu Datang di Waktu yang Tidak Tepat

Dibatas Ikhlas